4 Hal Yang Diperhatikan Dalam Optimasi Off-Page Pada Website

By | 22 April 2021
4 Hal Yang Diperhatikan Dalam Optimasi Off-Page Pada Website, Mekarsari Media

Apa Itu SEO Off-Page?

Off-Page Optimization atau optimasi off-page merupakan suatu proses membuat backlink (inbound link) secara natural dengan sebaik mungkin. Natural dalam optimasi itu sangatlah penting karena search engine mengutamakan user experience. Sedangkan jika melakukan teknik-teknik SEO yang terkesan tidak natural/blackhat justru dapat merusak reputasi website kamu dan bisa saja website tersebut terkena penalti oleh Google.

Backlink merupakan salah satu faktor utama dalam optimasi sebuat website. Backlink dapat diibaratkan sebagai jembatan yang dapat membantu meningkatkan peringkat website dalam mesin pencarian (search engine).

Namun SEO off-page tidak hanya sebatas link building, memang link building merupakan faktor penting dalam SEO off-page tetapi masih ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Berbagai hal yang harus diperhatikan dalam optimasi SEO off-page akan saya jelaskan secara lengkap di bawah ini.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Berikut 4 hal yang harus diperhatikan dalam optimasi off-page:

  1. Link Building
  2. Brand Mention
  3. Review
  4. Share di Media Sosial

Link building merupakan aspek yang penting dalam penerapan strategi SEO. Agar google dapat menemukan postingan dalam situs kalian, diperlukan link dari situs lain yang menuju ke situs kalian. Semakin banyak adanya link yang dari atau menuju situs kalian, maka semakin baik juga. Tetapi perlu diperhatikan kualitas dari link yang ada, karena link yang buruk atau tidak relevan dapat merusak kualitas dari situs kalian.

Dengan adanya link, kalian dapat mengarahkan pengunjung ke halaman, postingan, atau situs lain yang ada di internet. Dengan adanya link tersebut memudahkan untuk pergi dari satu lokasi web ke lokasi lain. Link juga dapat membantu mesin pencari bekerja dengan baik. Robot mesin pencari akan mengikuti link yang telah dibuat untuk menemukan halaman situs di internet. Ini disebut sebagai crawling.

2. Brand Mention

Dengan adanya brand mention akan menambah popularitas dari website kalian. Untuk melakukan brand mention kalian dapat menghubungi media online untuk meminta mereka memberikan link dari website tersebut yang mengarah ke website kalian.

Akan tetapi jika brand mention yang dilakukan berupa penyebutan tanpa link yang menuju ke website kalian maka tidak akan memberikan efek yang begitu besar. Sebab tidak bisa berkontribusi pada authority maupun trafik website kalian.

3. Review

Review mengenai website juga punya pengaruh cukup penting terhadap SEO off page. Laporan dari Moz menunjukkan bahwa review menjadi faktor penting ketujuh pada SEO lokal. Semakin positif review yang diberikan, semakin besar pula perannya terhadap SEO off-page website kalian.

4. Share di Media Sosial

Semakin banyak yang membagikan konten kalian di media sosial, semakin besar pula kemungkinan untuk menjangkau orang-orang untuk membaca konten kalian. Dengan begitu potensi konten kalianuntuk dibicarakan, dibagikan kembali, atau bahkan dirujuk di website/blog/media online semakin besar. Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO off page meskipun tidak secara langsung. 

Penutup

SEO off page memang cenderung lebih sulit dibanding SEO on page. Sebab sebagian besar faktor SEO off page tidak bisa Anda kontrol sepenuhnya. Namun, semua kerja keras itu akan terbayar ketika authority dan trafik Anda meningkat setelah menerapkan semua langkah optimasi SEO off page.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments